Al Qur’an Wanita…(karena wanita itu begitu istimewa^^)

assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh

bismillahirrohmaanirrohim…

saat sedang asyik berkelana di dunia google, saya tertarik dengan berita satu ini. klik kanan mouse , Open Link in New Tab. berikut beritanya…

Rabu, 2 Juli 2008 – 23:10 wib

JAKARTA – Ratusan pengunjung Pesta Buku Jakarta 2008 yang digelar oleh IKAPI Jakarta di Istora Senayan Jakarta, Minggu 29 Juni lalu, terdecak heran ketika memasuki stand Istana Al-Quran, Penerbit Pena Pundi Aksara. Pasalnya, ada satu produk yang membuat mereka bingung dan heran, yaitu Al-Quran wanita.

“Memang ada Al-Quran laki-laki?” seloroh Nasihatun, ibu rumah tangga, dari Bekasi kepada salah seorang penjaga stand, akhir pekan lalu.

“Pertama dan satu-satunya di dunia,” kata Direktur Produksi Penerbit Pena Pundi Aksara Ahmad Budiyanto.

Bahkan, menurutnya, kemasan dan modelnya yang sangat wanita membuat produk ini sempat menjadi idola pada Islamic Book Fair, bulan Maret lalu..

“Al-Quran ini banyak diminati kaum wanita, terutama ibu-ibu majelis taklim dan gadis-gadis remaja muslimah yang sedang giat belajar agama,” cerita Manager Pemasaran Pena Guntur Ramadhan.

Menurut Budi, Al-Quran ini disebut Al-Quran wanita karena memang sengaja didesain dan disajikan khusus untuk wanita. “Ayat-ayat tentang wanita diberi warna khusus dan disertai dengan penjelasannya,” jelasnya.

Sedangkan dari kemasan, Al-Quran wanita juga terlihat sangat feminim. Diterbitkan dengan berbagai macam corak warna kesukaan wanita dan formatnya sangat handly hingga bisa dibawa ke mana saja. “Pokoknya, wanita banget, deh!” ujar penjaga stand Istana al-Quran Nur Jannah.

Selain menerbitkan Al-Quran wanita, Penerbit Pena juga menerbitkan beberapa buku penunjang bagi kaum wanita untuk memahami dan menghayati kandungan Al-Quran. Di antaranya adalah Tafsir Al-Quran Wanita dan juga kamus Al-Quran.

“Ya, semua itu kami terbitkan sesuai dengan visi dan misi kami yang ingin menjadikan penerbit ini sebagai jembatan bagi umat untuk mendekat dengan Tuhannya,” tegas Budi.

Di stand Istana Al-Quran yang terlihat megah di tengah-tengah sekian banyak stand buku ini, para pengunjung bisa mendapatkan berbagai macam al-Quran dengan beragam ukuran dan tawaran fiturnya. (http://news.okezone.com)

subhanallah..sungguh kagum dan terpesona saya dengan fenomena satu ini. Al Qur’an untuk Wanita…kalo kita mau mencermati, sungguh wanita sangat dimuliakan dalam Islam saudara-saudaraku. sebelum terbitnya Al Qur’an untuk Wanita ini, betapa banyak sudah buku-buku yang membedah habis mengenai wanita, karena memang wanita adalah makhluk yang unik dan istimewa. benar kan ? dalam Al-Qur’an saja dapat kita lihat betapa banyak hukum yang dikhususkan untuk wanita, hal ini bukan dikarenakan kaum wanita itu lemah dan banyak kekurangan. tetapi karena Allah sangat peduli dan sayang terhadap kita.

Berbagai pertanyaan yang seringkali muncul seperti, apakah ibadah kita bernilai setara dengan ibadah kaum laki-laki ? apakah kaum hawa dapat memperoleh kemuliaan setara dengan kaum adam ? padahal ada beberapa hal yang menghalangi kaum wanita untuk beribadah (sholat, puasa, dll). pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang kemudian membawa kita kepada keraguan dalam beribadah. dan Allah telah telah menjawab pertanyaan itu dalam Al-Qur’an, begitupun Allah juga telah menunjukkan kecintaannya pada wanita dan selalu mengutamakan wanita. Mengapa wanita begitu istimewa ?? Let’s check this out …

.: Q.S.  Al A’raaf : 26

Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.

.: Q.S.  An Nuur : 31

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

.: Q.S. An Nuur : 60

Dan perempuan-perempuan tua yang telah terhenti (dari haid dan mengandung) yang tiada ingin kawin (lagi), tiadalah atas mereka dosa menanggalkan pakaian mereka dengan tidak (bermaksud) menampakkan perhiasan, dan berlaku sopan adalah lebih baik bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

.: Q.S. Al Ahzab : 53

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali bila kamu diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu diundang maka masuklah dan bila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa asyik memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu akan mengganggu Nabi lalu Nabi malu kepadamu (untuk menyuruh kamu ke luar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak (pula) mengawini istri-istrinya selama-lamanya sesudah ia wafat. Sesungguhnya perbuatan itu adalah amat besar (dosanya) di sisi Allah.

.: Q.S. Al Ahzab : 55

Tidak ada dosa atas istri-istri Nabi (untuk berjumpa tanpa tabir) dengan bapak-bapak mereka, anak-anak laki-laki mereka, saudara laki-laki mereka, anak laki-laki dari saudara laki-laki mereka, anak laki-laki dari saudara mereka yang perempuan, perempuan-perempuan yang beriman dan hamba sahaya yang mereka miliki, dan bertakwalah kamu (hai istri-istri Nabi) kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.

.: Q.S.  Al Ahzab : 59

Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang…. Maha benar ALLAH dengan segala firman-NYA.

adapun Rasulullah SAW, manusia termulia dan terbaik sepanjang masa pun mengakui dan sangat memuliakan wanita. ini buktinya :

Dari Abdullah bin ‘Amr radhiallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihiwassalam bersabda:

ayat1.jpg

Dunia ini adalah perhiasan/kesenangan dan sebaik-baik perhiasan/kesenangan dunia adalah wanita yang shalihah.” (HR. Muslim,Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad)

Dalam lafazh lain:

Sesungguhnya dunia ini adalah perhiasan dan tidak ada di antara perhiasan dunia yang lebih baik daripada wanita yang sholihah.” (HR. Ibnu Majah)

Dalam lafazh lain:

Sesungguhnya dunia ini seluruhnya adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholihah.” (HR. Ahmad)

Wanita dan Keindahan

Sudah menjadi sunnatullah bagi anak Adam diberikan kepada mereka berbagai kenikmatan yang mereka cintai dan dijadikan indah pandangan mereka dengannya di dunia ini sebagaimana dalam firman Alloh:

ayat2.jpg

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu:wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah lading. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Alloh-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. Ali Imran:14)

Ketika menyebutkan berbagai hal yang menjadikan kecintaan manusia dalam ayat ini Alloh mendahulukan wanita sebelum yang lain, hal ini memberikan isyarat bahwa wanita menjadi sumber terbesar kenikmatan, kesenangan dan perhiasan hidup di dunia ini. Tidak terkecuali bagi Rasulullah Shalallahu ‘alaihiwassalam sebagai sosok manusia terbaik dan termulia, wanita adalah sesuatu yang paling beliau cintai di antara kenikmatan dunia yang lain, dan ini merupakan fitroh beliau sebagai manusia biasa.

Dari Anas radhiallahu ‘anhu ia berkata: “Rasulullah Shalallahu ‘alaihiwassalam bersabda: ‘Aku diberikan rasa cinta dari dunia terhadap para wanita dan wewangian dan dijadikan penyejuk mataku ada di dalam shalat.”(HR. Ahmad, dan Nasa’i. Di shohihkan oleh Syaikh Al Albani)

Walhasil, Alloh telah menciptakan wanita sebagai perhiasan dan bahkan perhiasan terbesar dunia ini namun sekaligus ia juga merupakan fitnah terbesar di dunia ini yang pernah diciptakan Alloh bagi kaum laki-laki.

Wanita Sholihah

Alloh telah memberikan sebuah definisi wanita sholihah yang menjadi perhiasan dan kesenangan terbaik di dunia, sebagaimana dalam firman-Nya:

ayat3.jpg

“…Maka wanita yang sholih, ialah yang taat kepada Alloh lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Alloh telah memelihara (mereka)…” (QS. an-Nisa’:34)

Rasulullah Shalallahu ‘alaihiwassalam juga memberikan gambaran wanita sholihah terbaik sebagaimana dalam hadits:

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu berkata: “Nabi Shalallahu ‘alaihiwassalam ditanya:’Siapakah wanita yang paling baik?’ Beliau menjawab:

ayat41.jpg

(Sebaik-baik wanita) adalah yang menyenangkan (suami)-nya jika ia melihatnya, mentaati (suami)-nya jika ia memerintahnya dan ia tidak menyelisihi (suami)-nya dalam hal yang dibenci suami pada dirinya dan harta suaminya.’” (HR. Ahmad, al Hakim, an Nasa’i dan ath Thobrani dan di Shohihkan oleh al Albani).

Beliau Shalallahu ‘alaihiwassalam juga berwasiat untuk memilih wanita yang memiliki dien (agama) yang baik sebagai ukuran keshohihan seorang wanita, bukan kecantikan, kedudukan atau hartanya.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi Shalallahu ‘alaihiwassalam beliau bersabda:

ayat51.jpg

Wanita dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, kecantikannya dan karena dien (agama)-nya; maka pilihlah yang memiliki dien maka engkau akan beruntung.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Khotimah

Bagi laki-laki, hal ini merupakan wasiat agar mereka memilih wanita bukan sekedar karena kecantikan, kedudukan atau harta wanita semata. Karena hal itu bukanlah ukuran kebahagiaan yang hakiki di dunia ini. Namun hendaknya ia lebih mengutamakan sisi dien karena hal itulah yang akan memberikan hakikat kebahagiaan hidupnya di dunia ini dan di akhirat.

Adapun bagi para wanita, ini merupakan dorongan untuk menjadi perhiasan terbaik di dunia ini, wanita yang sholihah, wanita yang mendorong suami dan keluarganya untuk semakin beriman dan bertaqwa kepada Alloh, bukan wanita yang menjadi fitnah terbesar bagi kaum laki-laki yang menjadikan mereka semakin menjauh dari Alloh dan menyeret mereka ke jurang nereka Jahanam.

Sedangkan bagi para orang tua, ini tentunya sebuah pengingat bahwa ada amanah menunaikan kewajiban mendidik anak-anak mereka untuk menjadi anak-anak yang sholih dan sholihah guna menggapai kebahagiaan mereka di dunia dan akhirat.

Maraji’:

Di nukil dari Majalah Al Mawaddah Edisi 1 Tahun ke-1 (1428H/2007M)

32 Responses so far »

  1. 1

    dhanie said,

    Hati Bersih bagai Seputih Melati,
    Hari nan Fitri yang dinanti telah tiba..
    Alangkah indah nian bila tiada lagi dendam yg terpendam,
    Sehingga jalinan ukhuwah dapat lebih erat tergenggam.
    Dari lubuk hati terdalam,,
    dhanika mohon maaf lahir &batin atas segala salah+khilaf yang mungkin pernah membekas di hati..

    Mari sambut hari esok setelah ramadhan dengan semangat baru dalam menghadapi godaan, sentilan plus bisikan Syaitan..
    ^_^

  2. 2

    bloggerits said,

    Gita?????
    Masih inget Lutfi Statistika???
    ICS dulu???
    ni Blog ane.. View lah .. tengok bentar gitu ya……

    • 3

      aghita said,

      insyaAllah ingat sayang..nanti ane mampir,maaaf lama hibernasi dari blog beralih note FB hehe..moga2 istiqomah menghidupkan blog ini lagi..=)

  3. 4

    Novra said,

    Wah mbak aghita benar-benar wanita sejati. Ya banyak bahasan dalam Al-Qur’an mengenai wanita memang. Tapi aku sendiri lom bisa memahami dengan sepenuh hati, sedang dalam proses menjadi muslimah yang kaffah, tapi loadingnya luamaaa. he3x

    • 5

      aghita said,

      amiin…semoga prasangka baik mbak ke aku mjd doa utk kebaikanku..menjalani memang tak semudah berbicara,tetapi insyaAllah segala proses dan niat kita memperbaiki diri menuju wanita yg dimuliakan insyaAllah akan dihargaiNya..bukan hasil semata tapi proses lah yang membuat kita byk beljar..semangat mbak!! n_n

  4. 6

    Nur said,

    Subhanallah..sy rs cukup teruja membaca artikel ummusaif ni..betapa dikasihinya kita,kaum wanita oleh Allah..
    syukur alhamdulillah..
    semoga wanita2 ms kini mjadi wanita solehah,penyejuk mata dan penawar hati,buat ibu bapa tersayang dan suami..

  5. 8

    pramudita said,

    aslm, wr, wb/

    jazakillah ukh!

    itu kan tafsirnya, kalo yang quran wanita terjemahannya itu kaya gimana ya?

    temen nih pengen di beliin tapi gk tau wujudnya kaya gimana

    katanay, isinya tuh setiap ada ayat yang berhubungan dengan wanita, di pake warna berbeda//

    • 9

      aghita said,

      wa’alaikumussalam…

      insyaAllah ada koq ukhtiy..al quran dng terjemahan yang edisi wanita..biasanya warnanya wanita banget alisa pink trus di tiap ayat yang berhubungan dengan wanita terjemahannya dicetak dgn font color pink juga..hehe cari aja di toko buku terdekat atau toko buku islam…selamat hunting..=)

  6. 10

    selfi said,

    wanita begitu indah
    sudah sepantasnyalah dia dicintai

  7. 11

    aryu said,

    Assalamualaikum.

    Wanita memang istimewa, dan sejak turunnya Islamhak2 kita dan kewajiban kita dijaga :D

    • 12

      aghita said,

      wa’alaikumussalam…benar sekali,smg aku pun termasuk yg menjaganya walaupun penjagaanku kelak tak sesempurna Khadijah..=)

      makasih dah mampir yah ukh=)

  8. 13

    Hamba Allah said,

    wanita adalah orang yang paling istimewa, karena wanita adalah salah seseorang yang saya cintai dan sayangi yaitu mama saya, mama yang telah melahirkan saya susah payah, dengan memperjuangkan hidup hingga saya besar, wanita yang solehan dan taat beribadah, mudah2an kamu masuk surga dengan menjaga kehormatan kamu / agama dan keluarga. trim’s….

    • 14

      aghita said,

      benar sekali..Islam sangat memuliakan para wanita,begitu pula dengan ibu saudara “Hamba Allah”,tapi kebanyakan fenomena saat ini adalah wanitanya sendiri yang tdk bisa memuliakan dirinya sendiri krn derasnya pengaruh feminisme dan emansipasi wanita yg dibawa olh budaya barat..semoga saya terhindar dr budaya2 tsb,tetap menjadi wanita yg menjaga kodrat dan fitrah yg diberikan ALlah.amiin..terima kasih atas doanya,semoga kebaikannya kembali padamu

  9. 15

    Idriz said,

    Jdi pengen beli tuu..
    Buat pacarku yang trcnta…

  10. 17

    addini musyaffa said,

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    mau tanya kalau ingin menjadi distributor Al Qur’an trsbt gimana caranya?

    • 18

      aghita said,

      wa’alaikumussalam warohmatullah..

      afwan kebetulan sy hanya mereview saja,tidak berjualan.mungkin bisa dicari di toko buku terdekat..=)

  11. 19

    david said,

    aghita, saya mau tanya, apa kah ayat ini ada di al Quran. karena cuma dapat arti nya, tetpai saya ingin tau, pada surat dan ayat berapa arti in
    tks,

    “Ketika Aku menciptakan
    seorang wanita, ia diharuskan untuk
    menjadi seorang yang istimewa. Aku
    membuat bahunya cukup kuat untuk
    menopang dunia; namun, harus cukup
    lembut untuk memberikan kenyamanan ”

    “Aku memberikannya
    kekuatan dari dalam untuk mampu
    melahirkan anak dan menerima penolakan
    yang seringkali datang dari anak-anaknya ”

    “Aku memberinya
    kekerasan untuk membuatnya tetap tegar
    ketika orang-orang lain menyerah, dan
    mengasuh keluarganya dengan penderitaan
    dan kelelahan tanpa mengeluh ”

    “Aku memberinya kepekaan
    untuk mencintai anak-anaknya dalam
    setiap keadaan, bahkan ketika anaknya
    bersikap sangat menyakiti hatinya ”

    “Aku memberinya kekuatan
    untuk mendukung suaminya dalam
    kegagalannya dan melengkapi dengan
    tulang rusuk suaminya untuk melindungi
    hatinya ”

    “Aku memberinya
    kebijaksanaan untuk mengetahui bahwa
    seorang suami yang baik takkan pernah
    menyakiti isterinya, tetapi kadang
    menguji kekuatannya dan ketetapan
    hatinya untuk berada disisi suaminya
    tanpa ragu”

    “Dan akhirnya, Aku
    memberinya air mata untuk dititiskan dan
    ini adalah khusus miliknya untuk
    digunakan bilapun ia perlukan.”

    “Kau tahu;kecantikan
    seorang wanita bukanlah dari pakaian
    yang dikenakannya, susuk yang ia
    tampilkan, atau bagaimana ia menyisir
    rambutnya.”

    “Kecantikan seorang
    wanita harus dilihat dari matanya,
    kerana itulah pintu hatinya.. Tempat
    dimana cinta itu ada.”

    • 20

      aghita said,

      setau saya quote di atas tdk tersurat dalam ayat Al Quran mas david,hanya sebuah quote indah yang dipersembahkan utk wanita..tapi ada memang sebuah hadits yang insyaAllah sesuai dgn yg digambarkan pada bait terakhir :

      Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat (menilai) bentuk tubuhmu dan tidak pula menilai kebagusan wajahmu, tetapi Allah melihat (menilai) keikhlasan hatimu”. [HR. Muslim]

      wallahu a’lam..=)

  12. 21

    Satya said,

    (Sebaik-baik wanita) adalah yang menyenangkan (suami)-nya jika ia melihatnya, mentaati (suami)-nya jika ia memerintahnya dan ia tidak menyelisihi (suami)-nya dalam hal yang dibenci suami pada dirinya dan harta suaminya.’” (HR. Ahmad, al Hakim, an Nasa’i dan ath Thobrani dan di Shohihkan oleh al Albani).
    Saya sedang mencari kalimah Al Qur’an maupun hadist tentang wanita yg tdk boleh menyanggah kalimat suami maupun berkata yg bernada menyindir/menyakiti suami(selain hadist di atas)..mohon di bantu ya…trims…

  13. 22

    gamis murah said,

    Segala Puji bagi Tuhan Alam Semesta Allahu Ta’ala yang mengabarkan kebaikan-kebaikan
    agar aku dan kalian mengambil manfaat dari kebaikan dan berbagi untuk sesama.
    Salam Kenal dari Kami GAMIS MURAH

    Thx infonya :D

  14. 24

    Diantty Ad'n said,

    subhanallah… Betapa indahnya wanita d’dalam islam… :)

  15. 25

    awanlazuardi said,

    sudah berada di surabay pa belom?

  16. 26

    Subhanallah… bgtu istimewax wanita dlm Al-Qur’an…

  17. 27

    rahmatmuntaha said,

    Artikel yg bagus, terima kasih informasinya…
    http://kafebuku.com/ahkamul-marah-ayat-ayat-hukum-untuk-perempuan/

  18. 28

    bagus banget mba, tapi lo buat nyari pasangan yang baik gmn ??

    • 29

      Aghita Sekarrini Yusinda said,

      Wanita yg baik utk laki2 yg baik,bgtu pula sebaliknya (QS Ar Rum:26).jadi sebaikny utk mendapatkn pasangan yg baik kita lebih dulu memantaskan diri menjadi seseorang yg baik sebagaimana kita ingin pasangan kita baik. karena bukankah perkara itu sdh janji اَللّهُ ? Dan yg tak pernah ingkar janjinya bukankah hanya Dia?

  19. 32

    Wira said,

    Alhamdulillah …
    telah menemukan artikel ini tentang wanita dan Al-Qur’an yang begitu detail ayat-ayat nya tentang al-Qur’an.
    Terima kasih Informasi nya …


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: